Wednesday, December 22, 2010

Samuel Eto'o


Nama Lengkap : Samuel Eto'o Fils
Tempat Lahir : Douala, Kamerun
Tanggal Lahir : 10 Maret 1981
Kebangsaan : Kamerun
Posisi : Penyerang
Bermain di Klub : Inter Milan

Samuel Eto'o Fils lahir di Douala, Kamerun pada 10 Maret 1981, merupakan pemain yang memiliki kombinasi kecepatan dan finishing skill yang bagus, membuatnya menjadi salah satu penyerang yang diperhitungkan.

Karir Eto'o mencuat kala ia dipinjamkan Real Madrid ke Real Mallorca, di mana ia mengemas 54 gol dalam 133 pertandingan. Prestasi tersebut kemudian membawanya bergabung dengan Barcelona. Selama 5 musim berkostumBlaugrana, Eto'o turut mempersembahkan 2 gelar Liga Champions, 3 gelar La Liga, 1 gelar Copa del Rey dan 2 Piala Super Spanyol.

Bersama klub Catalan itu pula, Eto'o mencetak lebih dari 100 gol dan mencatatkan namanya sebagai pemain Afrika yang tampil paling banyak di La Liga. BersamaRivaldo, ia menjadi pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Barca.

Di level internasional, bersama timnas Kamerun ia telah melesakkan 39 gol dalam 80 laga. Kapten Kamerun itu juga mempersembahkan 2 gelar Piala Afrika dan satu gelar juara sepak bola Olimpiade untuk negaranya. Di ajang Piala Afrika, ia dua kali menjadi top scorer dan merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa dengan 16 gol. Atas prestasinya itulah Samuel Eto'o memperoleh anugerah Pemain Terbaik Afrika sebanyak 3 kali.

Di musim 2009-2010, terjadi kesepakatan antara Inter Milan dan Barca untuk bertukar penyerang, Zlatan Ibrahimovic pindah ke Barcelona dan Eto'o gabung bersama Nerazzurri, plus tambahan kompensasi yang harus dibayarkan Barca kepada Inter.

No comments:

Post a Comment